Ilmu Pendidikan Matematika kepada Masyarakat Kota Semarang Melalui Kegiatan Car Free Day Berkolaborasi dengan Sekolah Kolong Langit
Abstract
Matematika merupakan salah satu subjek atau mata pelajaran yang dipandang cukup sulit oleh masyarakat luas. Sehingga pemahaman tersebut menyebar dan menjadi persepsi yang melekat. Oleh sebab itu, tim PKM melaksanakan pengenalan tentang ke-asik-an matematika melalui kegaitan games matematika yaitu ular tangga matematika dan domino matematika. Melalui kegiatan ini diharapkan akan memberikan pendangan tersendiri menganai matematika sehingga predikat menyeramkan yang tersandang di belakang kata matematika dapat meluntur atau memudar. Kegiatan ini akan dilaksanakan berkolaborasi dengan Sekolah Kolong Langit yang merupakan organisasi nonprofit yang bergerak di bidang edukasi (Pendidikan). Dari kegiatan ini, terdapat beberapa kesan positif dari para pengunjung Car Free Day dan dari Siswa-siswa Sekolah Kolong Langit. Ada 5 sesi pertandingan games ular tangga dengan masing-masing sesi diikuti oleh 2-4 peserta. Peserta yang tadinya takut untuk berpartisipasi, setelah mengetahui lebih dekat tentang matematika, jadi tertantang untuk bergabung. Mereka juga mengatakan bahwa matematika ternyata tidak semenakutkan dahulu Ketika masih duduk di bangku sekolah. Melalui kegiatan games, beberapa peserta mengaku mendapatkan pengetahuan baru mengenai konsep penjumlahan aljabar (menggunakan variable berupa x dan y). Anak-anak sekolah kolong langit juga mengatakan semakin suka dengan matematika. Mereka mengusulkan, dalam pembelajaran Sekolah kolong langit nanti dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti yang meraka dapatkan dalam kegiatan PKM ini.