Optimalkan Peningkatan Kompetensi Guru Melalui KKG Bantul: Suksesnya Pelatihan Kurikulum Merdeka dengan Media Quizziz

  • M Saidul Muzakki UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
  • Luluk Mauluah
Keywords: Peningkatan Kompetensi Guru, KKG, Kurikulum Merdeka, Quizziz.

Abstract

Peningkatan kompetensi guru merupakan salah satu aspek kritis dalam menghadapi dinamika pendidikan modern. Artikel ini membahas pengalaman kelompok kerja guru (KKG) di Kabupaten Bantul dalam mengoptimalkan pelatihan kurikulum merdeka. Pendekatan pelatihan ini diawali dengan penerapan metode Quizziz pada awal pertemuan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sebanyak 90% peserta pelatihan berhasil menguasai materi dengan baik. Media Quizziz membuktikan efektivitasnya dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman guru, memberikan dasar yang kuat bagi penerapan kurikulum merdeka yang lebih dinamis dan kontekstual di kelas-kelas Bantul. Kegiatan ini menggambarkan bagaimana kolaborasi antar guru dalam KKG dapat menjadi motor penggerak perubahan positif dalam pendidikan. Melalui pendekatan yang inovatif dan interaktif, artikel ini menguraikan proses pelatihan yang melibatkan pemanfaatan teknologi Quizziz sebagai alat evaluasi formatif. Keberhasilan yang dicapai oleh KKG Bantul menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka bukan hanya sekadar wacana, tetapi dapat diimplementasikan dengan sukses melalui pendekatan kolaboratif dan pemanfaatan teknologi pendidikan yang tepat.

Published
2023-12-28
How to Cite
Muzakki, M. S., & Mauluah, L. (2023). Optimalkan Peningkatan Kompetensi Guru Melalui KKG Bantul: Suksesnya Pelatihan Kurikulum Merdeka dengan Media Quizziz. JURNAL PELATIHAN PENDIDIKAN, 2(2), 79 - 87. Retrieved from http://journal.potlot.id/index.php/jurnalpelatihanpendidikan/article/view/23