PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN RAMAH ANAK DI RT 8 RW 6 KELURAHAN GAJAHMUNGKUR KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG

  • Fine Reffiane Universitas PGRI Semarang
  • Mudzanatun Mudzanatun
  • Intan Rahmawati
  • Maya Rini Rubowo
Keywords: Pendampingan, Ramah Anak.

Abstract

Kehadiran anak merupakan dambaan setiap pasangan suami istri. Pendidikan anak di rentang usia emas akan membentuk karakternya. Pembelajaran yang sesuai dengan usia dan karakter setiap anak merupakan kebutuhan yang krusial. Pendampingan di RT 8 RW 6 ini mengangkat tema pembelajaran ramah anak, dimana orang tua diberikan pemahaman terkait potensi anak berdasarkan karakteristik belajar anak.

Karateristik belajar anak meliputi belajar secara visual, belajar secara audiovisual, belajar secara audio, dan belajar kinestetik. Subjek pengabdian ini adalah ibu-ibu rumah tangga di lingkungan RT 8 RW 6 Gajahmungkur Kota Semarang. Metode pelatihan yang digunakan adalah Metode Pendampingan dengan teknis pengambilan respon umpan balik dari para subjek.

Kesadaran orang tua menjadi penentu keberhasilan secara berkelanjutan program ini. Orang tua yang antusias, terutama keberadaan seorang ibu dalam pendampingan pembelajaran ini, menjadikan pendampingan berjalan dengan lancar dan interaktif. Respon yang diperoleh selama  pendampingan sangat baik. Meliputi respon pendampingan anak (80%), respon lingkungan yang mendukung (85%) dan respon media bermain anak (90%).

Published
2024-02-02
How to Cite
Reffiane, F., Mudzanatun, M., Rahmawati, I., & Rubowo, M. R. (2024). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN RAMAH ANAK DI RT 8 RW 6 KELURAHAN GAJAHMUNGKUR KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG. JURNAL PELATIHAN PENDIDIKAN, 2(2), 59-62. Retrieved from http://journal.potlot.id/index.php/jurnalpelatihanpendidikan/article/view/20